header ads

Banser Pringsewu Siapkan Strategi Pengamanan Sambut Habib Syech

Lbm-Nu Lampung - Kegiatan "Pringsewu Bershalawat, Pringsewu Selamat" yang menghadirkan Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf dari Solo di Lapangan Pemda Kabupaten Pringsewu, Lampung pada Jumat (1/4) malam nanti, diprediksi akan dihadiri puluhan ribu jamaah dari dalam dan luar Provinsi Lampung.

Dalam momen shalawat akbar tersebut, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Pringsewu sudah menyiapkan sejak dini strategi pengamanan khususnya untuk pengawalan Habib Syech di lokasi kegiatan. Menurut Komandan Provost Banser Kabupaten Pringsewu Saifiudin, para anggota Banser yang akan bertugas tersebut nantinya dibekali teori dan praktik dalam pengamanan.

"Kita mengadakan pembekalan kepada lebih kurang 300 personel anggota Banser yang dikhususkan mengamankan Habib Syech selama kegiatan berlangsung," jelas Saifi di sela-sela kegiatan pembekalan tersebut di Gedung NU Kabupaten Pringsewu, Ahad (27/3).

Saifi mengatakan bahwa personel-personel tersebut merupakan utusan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Pringsewu yang sudah diseleksi di tingkat kecamatan untuk menjalankan tugas pengamanan.

"Kita memprediksi ribuan jamaah akan berebur untuk bertemu dan bersalaman dengan cucu Rasulullah tersebut sehingga kami juga harus dengan sigap dan kompak mengatur pengamanan," tuturnya.

Sementara itu Ketua GP Ansor Kabupaten Pringsewu Muhammad Sofyan mengatakan bahwa selain diberikan materi tentang strategi pengamanan, pada kegiatan yang berlangsung selama 2 hari yaitu Sabtu dan Minggu (26-27 Maret 2016) itu, para anggota Banser juga mendapatkan pembinaan mental spiritual dari Mustasyar PCNU Kabupaten Pringsewu KH Anwar Zuhdi.

Selanjutnya, pada Ahad (27/3) paginya mereka mendapatkan siraman rohani dari Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu H. Taufiqurrahim yang dibarengkan dengan Ngaji Ahad Pagi atau Jihad Pagi yang rutin dilakasanakan di Gedung NU.

"Kami akan bertugas menghadapi berbagai macam karakter jamaah yang ingin sowan kepada Habib Syech sehingga kami juga butuh kekuatan spiritual dan emosional untuk menghadapi mereka," jelasnya.

Sofyan juga menambahkan bahwa para anggota Banser yang bertugas juga akan berkoordinasi dengan para anggota GP Ansor. "Dari GP Ansor juga sudah menyiapkan anggota untuk membantu kelancaran acara Habib Syech yang baru 2 kali hadir di Provinsi Lampung," (Muhammad Faizin)
Diberdayakan oleh Blogger.