header ads

Soal Bahtsul Masa'il MUSKERWIL Lampung 2016 di Lampung Timur

SOAL BAHTSUL MASAIL
MUSKERWIL PROPINSI LAMPUNG
DI ISLAMIC CENTRE SUKADANA LAMPUNG TIMUR
29 – 30 OKTOBER 2016

1.    MABIT DI MINA JADID

Mina adalah sebuah lembah di padang pasir yang terletak sekitar 5 kilometer dari kota Mekkah, Arab Saudi, dan masih dalam kawasan tanah haram. Pada saat ini bukit yang mengapit Mina telah diratakan, sehingga kawasan itu menjadi luas. Beberapa tahun terakhir ini, penempatan perkemahan di area kawasan perluasan tersebut oleh para jamaah haji dari Indonesia dan dari Turki digunakan untuk mabit di Mina. Padahal area kawasan perluasan tersebut termasuk kawasan Muzdalifah.

Pertanyaan ; sahkah mabit di dalam kawasan perluasan tersebut?

2.    WAKTU DAN CARA MELONTAR JUMROH

Pada saat puncak pelaksanaan haji, tanggal 9 – 13 Dzulhijjah, jama'ah haji dari seluruh penjuru dunia berkumpul pada satu waktu dan satu tempat yang sama (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). Jumlahnya berkisar 3 – 4 juta orang. Hal ini dapat membawa konsekuensi tersendiri, yakni berupa kesehatan dan keselamatan diri para jama’ah. Terkait padatnya jamaah haji tersebut, pada saat melontar Jumrah baik pada tanggal 10 atau pada 3 (tiga) hari tasyriq terdapat beberapa kelompok jamaah haji dari Indonesia yang melaksanakan lontar jumrah tersebut lebih awal, yaitu sebelum terbit fajar.

Pertanyaanya ;
a.      Bagaimanakah hukum melontar jumrah Tsalatsah (jumroh tiga hari tasyriq) sebelum terbit fajar?
b.      Bolehkah melontar jumroh tanggal 11 di lontar pada tanggal 12 bagi jama’ah haji yang nafar awal. Dan melontar jumroh tanggal 11 dan 12 di lontar pada tanggal 13 bagi yang nafar tsani? Jika diperbolehkan bagaimana cara melontarnya?

3.    MEMBADALKAN RUKUN DAN WAJIB HAJI

Sebagaimana telah diketahui bahwa jama’ah haji Indonesia ada yang lansia dan tidak jarang yang jatuh sakit ketika sampai di makkah, sehingga ada beberapa rukun atau wajib haji yang tidak mampu dikerjakan

Pertanyaan ; Bolehkah membadalkan sebagian dari rukun atau wajib haji?

4.    SHOLAT JAMA’ DAN QOSHOR KETIKA WUQUF

Alhajju arofah, oleh karenanya pada tangga l 9 Dzulhijah setelah masuk waktu Dzuhur, para jama’ah haji telah berwudlu, mengikuti khutbah wukuf, shalat Dzuhur dan Ashar dengan jama' taqdim dan qashar. Kemudian Dzikir wukuf, tadarus Al Quran, mukhasabah samai lepas Maghrib. Shalat Maghrib dulu baru meninggalkan Arafah menuju Muzdalifah.

Pertanyaanya ; Bagaimana hokum sholat jama’ dan qoshor ketika wuquf di Arofah?
Diberdayakan oleh Blogger.