header ads

Upaya RMI NU dan Unila Tingkatkan SDM Pesantren

BANDAR LAMPUNG – Rabithah Ma`ahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Lampung menjalin kerjasama dengan Universitas Lampung (Unila) . Penandatanganan kerjasama dilakukan di Gedung Rektorat Unila, Jumat (12/2).

Tujuan kerjasama ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada di pesantren-pesantren NU. RMI berharap santri-santri yang dari pondok pesantren dapat menimba ilmu di salah satu universitas negri di Lampung tersebut.

Rektor Unila, Dr. H. Hasriadi Mat Akin mengapresiasi kerjasama antara RMI NU dan Unila. Ia berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik.

“Ini merupakan langkah awal yang baik untuk kebaikan dan kemajuan kita bersama, khususnya dalam meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia di Lampung,” katanya.

Lebih lanjut . Hasriadi mengatakan Unila sebagai universitas besar di Lampung memiliki komitmen untuk menjadi terdepan dalam meningkatkan pendidikan di Lampung. Bukan hanya dalam lingkup perguruan tinggi saja namun juga ditingkat SMP/SMA .

Kata Rekrtor, Unila juga sudah bersiap memberikan beasisiwa kepada santri-santri yang sudah hafal 10 jus untuk dapat malanjutkan pendidikan secara gratis di Unila.

Sementara itu, Ketua RMI  KH.Basyarudin Maisir mengatakan, ada lebih dari 700-an pondok pesantren di Lampung, 90%nya adalah berafiliasi dengan NU.

“Oleh karenanya kerjasama antara RMI dan unila adalah merupakan langkah yang baik bagi kedua belah pihak. Sehingga nantinya SDM dari pesantren yang memiliki kemampuan dari segi spiritual dapat belajar tentang manajerial di Unila. Sehingga santri-santri nantinya ketika kembali ke masyarakat dapt memberikan contoh yang baik,” pungkasnya.

Kita ketahui bahwa pondok pesantren yang ada di lampung ada beberapa macam metode pembelajaran daintaranya dengan sistem salafy, yang khusus mengkaji kitab-kitab klasik, sisitem pondok modern yang lebih banyak mempelajari dan menggunakan Bahasa Arab atau Inggris, ada juga penggabungan antara modern dan salafy. (Sunarto)
Sumber : PWNU Lampung
Diberdayakan oleh Blogger.